Pages

Minggu, 10 Maret 2013


PROFIL  POJOK  BEI UNP
( GALERI INVESTASI BEI)

Penyebarluasan informasi dan sosialisasi tentang Pasar Modal di Indonesia dinlai sangat berperan penting dalam memasyarakatkan fungsi dan peran Pasar Modal bagi perekonomian Indonesia.Pendirian POJOK Bursa Efek Indonesia ( BEI ) di maksudkan untuk mengenal Pasar Modal sejak dini pada dunia akademis. Pendirian POJOK BEI berkonsep 3 in 1 ( kerjasama antara BEI, Perguruan Tinggi dan Perusahaan Sekuritas).
Pojok Bursa Efek Indonesia – Universitas negeri padang didirikan pada tahun 2010. Pada saat itu, Pojok BEI UNP sudah terdapat aktifitas jual beli saham di kalangan mahasiswa UNP tetapi belum menggunakan sistem online trading. Dengan berkembangnya sistem perdagangan saham menjadi online trading, Bursa Efek Indonesia (BEI) menghimbau agar seluruh perguruan tinggi di Indonesia memiliki Pojok BEI berbentuk 3 in 1. Istilah 3 in 1 adalah kerjasama antara perguruan tinggi, bursa efek, dan perusahaan sekuritas yang memiliki sistem online trading dalam aktifitas jual beli saham.
Pendirian Pojok BEI UNP secara umum bertujuan untuk mengenalkan pasar modal sejak dini kepada mahasiswa, dosen, karyawan, serta masyarakat umum. Dengan didirikannya Pojok BEI UNP yang memiliki konsep 3 in 1, mahasiswa dan dosen diharapkan tidak hanya mengenal pasar modal dari sisi teori saja akan tetapi dapat melakukan praktek secara langsung melalui fasilitas online trading.
Pihak di luar UNP (masyarakat umum) juga dapat menggunakan fasilitas ini untuk bertransaksi saham. Program ini diharapkan dapat membantu mencetak para investor yang cerdas dan bijak dalam berinvestasi serta melahirkan sumber daya manusia yang siap berkarir di dunia pasar modal.


pojok BEI UNP, kerjasama antara BEI, Universitas Negeri Padang, PT Asia Securitis, PT IQ+, dan labor manajemen dan investasiPendirian Pojok BEI  UNPdimaksudkan untuk mengenalkan Pasar Modal sejak dini dalam dunia akademis. Saat ini pendirian Pojok BEI berkonsep 3 in 1 (kerjasama antara BEI, Universitas dan Perusahaan Sekuritas) sehingga diharapkan civitas akademika tidak hanya mengenal Pasar Modal dari sisi teori saja akan tetapi dapat langsung melakukan prakteknya.
Sasaran Pojok BEI sebagai langkah untuk menjangkau kelompok yang berpendidikan agar dapat lebih memahami dan mengenal pasar modal. Pendirian POJOK BEI ini merupakan salah satu hasil kerjasama Bursa Efek Indonesia dengan Perguruan Tinggi untuk membantu kelompok akademisi (mahasiswa & dosen) mendapatkan dan menyebarkan informasi pasar modal.
POJOK BEI berisi semua publikasi dan bahan cetakan mengenai pasar modal  yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia termasuk peraturan dan Undang-Undang Pasar Modal. Informasi dan data BEI dapat digunakan oleh civitas akademika untuk tujuan akademik, bukan untuk tujuan komersial bagi transaksi jual beli saham.
Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat saling menguntungkan sehingga penyebaran informasi pasar modal tepat sasaran serta dapat memberikan manfaat yang optimal baik bagi mahasiswa, praktisi ekonomi, investor, pengamat pasar modal maupun masyarakat umum di daerah dan sekitarnya baik untuk kepentingan sosialisasi dan pendidikan/edukasi pasar modal maupun untuk kepentingan ekonomis.

Pelayanan di Pojok BEI UNP

1. Online Trading

Dengan online trading, transaksi jual beli saham dapat dilakukan dimana saja selama komputer atau laptop terhubung dengan jaringan internet.
Persyaratan melakukan online trading:
  • Mengisi aplikasi pembukaan rekening efek (disertai fotokopi KTP yang masih berlaku dan NPWP, jika ada)
  • Menyerahkan dana sebagai modal awal investasi saham ke Bank rekanan UOB Kay Hian Securities. Modal awal online trading hanya sebesar Rp 1.000.000 (satu juta rupiah)
  • Menyerahkan bukti setoran/bukti transfer dari bank
  • Menerima persetujuan pembukaan rekening dari pihak sekuritas
  • Melakukan instalasi software U-Trade (dapat dibantu oleh Pojok BEI UNP)
  • Memasukkan username dan password yang telah diberikan untuk login
2. Informasi dan Data
Pojok BEI UNP menyediakan data dalam bentuk softcopy dan hardcopy seperti harga saham, laporan keuangan, dan lain-lain. Selain itu juga tersedia koleksi referensi dan sumber pustaka keuangan.
3. Edukasi
Pojok BEI UNP juga memberikan edukasi tentang pasar modal kepada mahasiswa UNP, calon investor, investor, dan masyarakat umum melalui seminar, pelatihan, kelompok studi, diskusi, dan lain-lain.

MANFAAT YANG DIPEROLEH BAGI MASING – MASING PIHAK DALAM PENDIRIAN POJOK BEI
1.    Bagi BEI sebagai sarana sosialisasi & edukasi di kalangan akademis agar dapat terlaksana dengan baik, sehingga diharapkan civitas akademika tidak hanya mengenal Pasar Modal dari sisi teori saja akan tetapi dapat langsung melakukan prakteknya.
2.    Bagi Perguruan tinggi, ada aliansi strategis dengan para pelaku Pasar Modal (BEI, AB, Data Vendor). Meningkatkan Brand Name dan Nilai Jual perguruan tinggi.
3.    Bagi Perusahaan Efek Anggota Bursa, sebagai langkah media promosi dikalangan mahasiswa/akademisi dan sebagai media recruitment SDM Pasar Modal yang handal.
4.    Bagi Data Vendor, sebagai langkah media promosi produk data dikalangan akademisi, tidak mengeluarkan investasi hardware untuk pojok BEI & Lab Pasar Modal dan sebagai media recruitment SDM Pasar Modal yang handal.
KEWAJIBAN BAGI MASING-MASING PIHAK DALAM PENDIRIAN POJOK BEI
1.    Bursa Efek Indonesia, mengirimkan publikasi yang dikeluarkan oleh BEI, mendukung kegiatan yang berkaitan dengan sosialisasi edukasi Pasar Modal, menyediakan kesempatan untuk magang, memfasilitasi terbentuknya klab investasi.
2.    Bagi Perguruan Tinggi, menyediakan space sekaligus infrastuktur untuk kebutuhan galery Pojok BEI dan Lab Pasar Modal. Menyediakan PC sesuai dengan kebutuhan minimal 3 PC (2 PC untuk Data Realtime, 1 PC untuk operasional Pojok BEI) dengan konfigurasi layak pakai.
3.    Bagi Perusahaan Efek, memberikan layanan edukasi sekaligus sosialisasi Pasar Modal, sharing profit sesuai dengan perjanjian, menyediakan kesempatan magang.
4.    Vendor Data realtime, memberikan fasilitas berlangganan gratis minimal 1 terminal untuk Pojok BEI sebagai Lab Pasar Modal. Melakukan layanan edukasi untuk  perguruan tinggi, sekaligus sosialisasi penggunaan produk data realtime. Menyediakan tempat magang.
Informasi dan Pelayanan
Ruang Pojok Bursa Efek Indonesia – Universitas  Negeri Padang (Lt.1) Kampus Fakultas Ekonomi UNP
Jln.Prof.dr.Hamka Air Tawar .Padang 25131
E-Mail : pojokbeiunp@yahoo.co.id
Contact Person;081274050642 (FAUZAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar